Pelatihan Training Penanaman Hydroponic di kegiatan Komunitas QLC

Pelatihan Training Penanaman Hydroponic di kegiatan Komunitas QLC

 

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh komunitas Quran Learning Centre yang tergabung dalam KompaQ, hari sabtu tanggal 17 Oktober 2015 kemarin yaitu melaksanakan kegiatan mengenai seminar dan pelatihan Hidroponik.

Acara yang di tenggarai oleh Ibu April selaku ketua panitia dan dibantu oleh rekan lainnya dalam kegiatan ini ingin berbagi pengalamanya didalam bercocok tanam dengan media yang tidak sulit dan rumit, ya hanya menggunakan air yang bernutrisi tanaman dengan mudah bisa tumbuh.

Dalam seminar ini didatangkan nara sumber yang ahli pada bidangnya yaitu Bapak Yunus, beliau memberi arahan bagaimana cara bercocok tanam dengan menggunakan alat yang amat sederhana.

Seminar Hidroponik ini diadakan dengan tujuan memberikan informasi kepada masyarakat awam maupun profesional mengenai cara budidaya hidroponik dan penjelasan penggunaan peralatannya. Seminar atau pelatihan ini dilaksanakan dalam bentuk 20% teori dan 80% praktek secara langsung. Melalui pelatihan ini diharapkan peserta akan langsung melakukan budidaya hidroponik sendiri dirumah.

Dalam hal ini usaha bercocok tanam masih diperlukan sampai akhir zaman walaupun sebentar lagi orang yang menanam tersebut meninggal termasuk ketika hari kiamat hendak terjadi. Meskipun penanam tanaman tersebut tidak sempat menikmatinya. Kita tentu masih ingat pepohonan yang sudah besar dan berbuah, sebagiannya adalah ditanam oleh orang-orang yang telah meninggal. Meskipun orang-orang tersebut sudah meninggalkan dunia yang fana ini, tetapi manfaat dari pohon yang mereka tanam masih dapat kita nikmati.

Apabila mereka muslim maka mereka akan mendapat pahala selama pohon tersebut berproduksi bahkan sampai hari kiamat sebagaimana hadits:

فَلاَ يَغْرِسُ الْمُسْلِمُ غَرْسًا فَيَأْكُلَ مِنْهُ إِنْسَانٌ وَ لاَ دَابَّةٌ وَ لاَ طَيْرٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ صَدَقَةً إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ

“Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu tanaman itu dimakan manusia, binatang ataupun burung melainkan tanaman itu menjadi sedekah baginya sampai hari kiamat.” (HR. Imam Muslim hadits no.1552(10))

 

Kegiatan ini di ikuti oleh sebagian besar Jamaah komunitas QLC dengan jumlah kurang lebih 40 Orang pada batch I.

Semoga pada kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk kita dan orang sekitar.