INDAHNYA PELUKAN “SOLAT SUBUH”

INDAHNYA PELUKAN “SOLAT SUBUH”

INDAHNYA PELUKAN “SOLAT SUBUH”

By. Nur Alina Nailil Farah, MA

 

     Subuh adalah salah satu waktu di antara beberapa waktu, dimana Allah Ta’ala memerintahkan umat Islam untuk mengerjakan sholat subuh, seperti dalam Firman Allah :

أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ لِدُلُوكِ ٱلشَّمۡسِ إِلَىٰ غَسَقِ ٱلَّيۡلِ وَقُرۡءَانَ ٱلۡفَجۡرِۖ إِنَّ قُرۡءَانَ ٱلۡفَجۡرِ كَانَ مَشۡهُودٗا ٧٨

Artinya : “Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)” (QS: Al-Isra : 78)

 

     Sholat subuh memiliki manfaat dan keutamaan yang sangat luar biasa bagi siapa saja yang melaksanakannya. Meskipun terlihat sangat sedikit rakaat yang dikerjaan, yaitu dua rakaat, namun sholat subuh memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah kita selalu berada di dalam jaminan Allah. Dalam hadits riwayat Muslim :

 عَن ْجُنْدَبَ بْنِ عَبْدِللَّه يَقول قال رَسُو لُ اللَّه صلى اللّه عليه وسلّم : مَنْ صَلَّى صَلَاةَ الصُّبْحِ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ فَلَا يَطْلُبَنَّكُمْ اللَّهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ فَإِنَّهُ مَنْ يَطْلُبْهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ يُدْرِكْهُ ثُمَّ يَكُبَّهُ عَلَى وَجْهِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ

Artinya : “Dari Jundaba ibn Abdillah mengatakan sabda Rasulullah SAW : Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.”” (HR : Muslim, 657)

Makna berada dalam jaminan Allah adalah dalam lindungan, penjagaan, dan pemeliharaan dari-Nya. Sungguh itu semua adalah rahmat, yang kalau menaungi kita, maka semua kepedihan berubah menjadi harapan. Sungguh itu semua adalah kelembutan Allah, yang jika turun kepada kita akan sanggup menjadikan api menjadi dingin dan damai. Itulah hikmah, kemuliaan, dan kehendak yang tak terkalahkan. Jika ia datang, mampu merubah musuh menjadi teman setia, dan mampu merubah singa yang buas menjadi kucing yang penurut.

Beberapa keutamaan lain dari Sholat subuh adalah :

  1. Jalan menuju surga (HR Bukhori 574 dan Muslim 635)
  2. Salah satu penghalang masuk neraka (HR Muslim 634)
  3. Disaksikan oleh para malaikat
  4. Melapangkan Rizki
  5. Dari segi kesehatan, Aktivitas bangun pagi untuk shalat subuh, apa lagi dengan berjalan ke mesjid untuk berjamaah dapat meningkatkan kadar Nitrit Oksida dalam pembuluh darah. Sehingga penyaluran oksigen ke otak juga bertambah akibat melebarnya pembuluh darah otak , lalu trombosit dicegah untuk saling menempel sehingga pembuluh darah tidak bertambah sempit. Gerakan rukuk dalam shalat meningkatkan tonus syaraf parasimpatis yang melawan efek dari syaraf simpatis seperti yang sudah dijelaskan di atas. Subhanallah, dengan menjalankan shalat subuh apa lagi dengan berjalan ke masjid, kita dapat mencegah proses gangguan pada sistem kardiovaskular kita.

Dari sekian banyak keutamaan solat subuh, mari kita lihat nilai sholat subuh dari sisi yang lain. Yaitu bahaya subuh jika kita tidak dapat memanfaatkannya. Ada apa di balik waktu subuh ? ya, waktu subuh ternyata lebih bahaya dari sekawanan kelompok bersenjata api, lebih menyengsarakan dari derita kemiskinan serta keterpurukan, serta lebih bahaya dari kobaran api yang disiram bensin.

Ketahuilah, bahwasannya jika kita tertindas sang waktu subuh sampai melalaikan sholat, maka akan menderita kerugian besar dari sekedar kehilangan barang yang dirampok. Jika kita tertindas subuh hingga mengabaikan shalat subuh, maka sesungguhnya dialah orang miskin yang hanya memiliki pahala sedikit. Seperti yang kita ketahui bahwasannya “Barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, maka ia bagaikan shalat semalaman suntuk” (HR Muslim).

Apabila kita tergilas waktu subuh hingga melupakan solat subuh lebih bahaya dari sekedar kobaran api yang disiram dengan bensin. Karena barang siapa yang melalikan solat subuh, nabi menyetarakannya dengan orang munafik. Padahal sebagaimana yang kita ketahui, bahwa orang munafik adalah neraka Jahannam.

Nah, indah bukan pelukan “solat subuh” terhadap diri kita? mari kita intropeksi diri untuk memperbaiki sholat kita termasuk sholat subuh agar kita tidak mendapat gelar “orang munafik” yang akan tinggal di neraka Jahannam. Yang kobaran apinya mengalahkan sekedar kobaran api yang disiram bensin.